Perbandingan Daihatsu Charade dan Suzuki AmenityAda 2 tipe di charade kapsul, yang 1000cc biasanya charade cx ato charade winner yg 1300cc. kalo yang imbang si suzuki amenity vs charade winner. Kalo tarikan mesin si lebih enak charade winner, cuma suaranya lebih kasar coz mesinnya sama kaya punya zebra 1300cc 16 valve, keawetannya juga kalah sama suzuki. Biasanya udah banyak yang minta turun mesin,tuh. Kalo suzuki amenity suaranya lebih halus, biasanya mesinnya juga lebih awet. Kaki2 amenity lemah,terutama as kokel,tie rodnya. Kalo menurut saya dua2nya cukup imbang, karena saya pernah coba keduanya pada saat jamannya,saat masih enak2nya mesin.
suzuki amenity adalah first car ane.....nah ini sekedar sharing ya
mesin 1300 cc karburator, konsumsi bbm lumayan dapat 1:11, luar kota ya 1:13,
untuk daerah sumatera body part dan engine part suzuki amenity mulai rada jarang sehingga penjualnya ngasih harga suka suka
apalagi kalo kita mau mesen dari dealer suzuki daerah selain lama nunggunya harganya juga tinggi untuk part mobil tua
karena gue ngga ngerti mesin waktu ngambilnya jadi udah banyak masalah neh mobil, ya dinamo starter yg tiba2 mati sendiri
pas parkir, sekering yg suka leleh sendiri (ngurut kelistrikannya payah juga), ac dingin nya juga sepoi sepoi aja, power window yg mati juga (pernah jendela ngga mau naek padahal ujan lebat....wuiiiih pake mobil basah juga)
karena mobil ini udah uzuuur ya saya ngga rekomendasikan lagi......tapi menurut saya sebagai mantan suzuker (ciele istilahnya)
masing mending amenity ketimbang charade...terutama untuk designnya masih bagusan amenity bro...
Kita ga bisa bandingin sama jamannya dulu,yang jelas sekarang pasti udah banyak sparepart yang minta ganti ato bahkan turun mesin. Kalo sparepart mesin mungkin masih cukup tersedia,kalo amenity mirip2 punya carry futura 1300cc sedangkan winner punya zebra 1300cc. Kalo kita ngomongin di kelas 1000cc cocoknya charade cx vs suzuki forsa. Ato kalo bro asyah mau naik keatasnya dikit yang jauh lebih nyaman versi sedannya ada daihatsu charade classy vs suzuki esteem, keduanya mengusung mesin 1600cc. Benernya ada calon lain di kelas hatchback, yaitu toyota starlet kotak. Lumayan juga tuh buat pembanding.
Sy pernah punya Daihatsu Winner 1.300cc, beli bekas.
Dalam keadaan mesin standar & terawat, mobil ini kencang sekali.
Dulu pertimbangan sy ambil ini krn harga lebih murah dari Starlet tapi performa sy rasakan lebih sip/kencang.
Katanya gr2 girboks (persneling) tipe close-ratio,jd putaran mesin nggak drop saat perpindahan gigi. Saat sy pegang,servis ''berat'' hanya ganti engine mounting. lainnya paling yg kecil2 seperti filter bensin, busi, kabel busi, yg emang fast moving. Konsumsi BBM dalkot sekitar 1:10, lu-kot 1:13
Sepupu sy (di waktu yg bersamaan pas sy beli Charade) punya Amenity,radiator pernah jebol. Mobil sering mogok,apalagi kalau habis macet2an. Pernah di Jl. Ry Ciledug (Jakarta) mobil ngambek,diperiksa ternyata sekering meleleh. Eh, habis itu dinamo starter ganti. Kabel2 di ruang mesin pernah ganti. altenator bbrp kali diservis.
AC mobil Amenity dia juga nggak dingin. Bolak-balik servis tetep begitu, akhirnya dijual. , Jd klo sy rekomendasikan Charade.
Amenity, spare part kan sama mesinnya sama angkot carry... gampang bung
Mesin Suzuki walaupun tua bandel lho........
wah kalau tahun segitu amenity ama charade biasa banyak bermasalah di kaki2. Bahkan punya temen ane amenity tahun 90 pangkon power steeringnya jebol kena karat. Jadi power steeringnya gerak kekanan dan ke kiri.
Padahal pangkon power steering itu adalah Body mobil. Bukan linkage. Selidik punya selidik ternyata penyebabnya adalah air ac yang ngendon di lantai mobil depan.
kalau charade biasa bermasalah di pangkon shocbreaker depan banyak yang retak.
Kenapa yang ditambah optionnya : Starlet Kotak ???
Sangat membantu informasinya
ReplyDeleteTerima kasih